Wednesday, September 29, 2010

Pengertian Bahasa

Di susun oleh :
Juharnida
Renis Asmawati
Asyita Masna Ode
Mujahidin
Khairil

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bahasa adalah aspek penting intradiksi manusia .Denganbahasa(baik itu bahasa lisan, tulisan maupun isarat) orang akan melakukan suatu kominikasi dan kontrak sosial .Bahasa juga di pandang sebagai cermin kepribadian seseorang karena bahasa diterjemahkan sebagai refleksi rasa, pikiran dan tingkah laku ada kalanya seorang yang pandai dan penuh dengan ide-ide cemerlang harus terhenti hanya karena dia tidak bisa menyampaikan idenya dalam bahasa yang baik. Oleh karena itu seluruh ide, usulan, dan semua hasil karya pikiran tidak akan diketahui dan di evaluasi orang lain bila tidak di tuangkan dalam bahasa yang baik.
Sumarsono dan partana mengatakan bahwa bahasa sering dianggab sebagai produk social dan produk budaya yang merupakan wadah aspirasi social, kegiatan prilaku masyarakat dan penyikapan budaya tradisional tehnolgi yang diciptakan oleh masyarakat pemakai bahasa.
Bahasa bisa dianggap sebagai cermin zamanya artinya bahasa dalam suatu masa tertentu mewadahi apa yang terjadi dalam masyarakat
1.2 Rumusan masalah
a. Bagaimana pengertian bahasa
b. Bangaimana fungsi bahasa
1.3 Tujuan
a. Untuk pengetahuan pengertian Bahasa
b. Untuk mengetahui fungsi bahasa

BAB II
PEMBAHASAN
2. 1 Pengertian Bahasa
1. Pengertian bahasa
Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dialnggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola yang di bentuk mencakup tata bunyi, kalimat agar dibentuk mencakup aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, kata kalimat, agar komunikasi yang dilakukan berjalan dengan baik, menerima dan mengirim bahasa adalah suatu system dari lambing bunyi arbiter yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat Komunikasi, kerja sama dan Identifikasi diri. Arbitrer adalah : tidak adanya hubungan antara lambing bunyi dengan bendanya.
A. Bahasa terbagi atas 2 bagian
1. bahasa lisan merupakan bahasa primer
2. bahasa tulisan merupakan bahasa skunder
B. Perbedaan bahasa lisan dan tulisan
Bahasa lisan sangat terkait pada kondisi situasi dan waktu sedangkan bahasa tulisan tidak terkait oleh situasi ruang dan waktu. Melainkan menitik beratkan pada suatu penulisan adar dapat difahami dan dibaca.
1. Fungsi bahasa :
1. Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia
2. Alat untuk bekerjasama dengan manusia
3. Alat untuk mengidentifikasi
4. Sebagai alat penyampaian rasa santun
5. Sebagai penyampaian rasa keakraban dan hormat
6. Sebagai alat pengenalan diri
7. Sebagai alat penyampaian soladaritas
8. Sebagai alat menyalurkan uneg-uneg.
9. Sebagai alat cermin peradaban bangsa
10. Sebagai alat menyahut, untuk menyuruh, melarang, menolak, meminta dan berseru.

2. Didalam mendefinisikan bahasa . prsarana bahasa dari aliran strukturalis menggunakan fungsi adalah tugas sebagai salah satu fitur (raut,serta) pembedanya. Didalam definisi itu disebutkan bahwa bahasa ialah “system symbol lisan yang arbitrasis dengan mana anggota masyarakat saling berkomunikasi
3. Bahasa lisan lebih dimana memiliki inotasi dan gerakan tubuh dapat bercampur menjadi 1 untuk mendukung komunikasi yang dilakukan tidak setajam pisau/silet oleh karena itu sebaiknya dalam berkata-kat sebaiknya tidak sembarangan dan menghargai serta menghormati lawan bicara/target komunikasi.
Bahasa isyarat atau gertute atau bahasa tubuh adalah salah satu berkomunikasi melalui gerakan tubuh bahsa Isyarat akan lebih digunakan permanen oleh penyandang cacat, bisu, tuli, karena mereka memilki bahasa sendiri.


BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Bahasa adalah suatu system dari lambing bunyi arbitrer yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat komunikasi, kerja sama dan identifikasi diri.
2. Arbitrer adalah tidak adanya hubungan anatara lambing bunyi atas 2 bagian.
3. Bahasa terbagi atas 2 bagian
a. Bahasa lisan
b. Bahasa tulisan
4. Perbedaan bahasa lisan dan tulisan
Bahasa lisan sangat terkait pada kondisi situasi ruang dan waktu sedangkan bahasa tulisan tidak terkait oleh ruang dan waktu
5. Fungsi bahsa adalah untuk saling berinteraksi, untuk saling bertanya jawab, untuk saling memberiitahu, menyahut, untuk menyuruh, melarang, menolak, meminta, dan berseru.

No comments:

Post a Comment